Cara pasang 2 proyektor ke 1 laptop dengan HDMI

 

Cara pasang 2 proyektor ke 1 lalptop dengan memakai jenis HDMI


Cara pasang 2 proyektor ke 1 lalptop dengan memakai jenis HDMI

Tujuan utama proyektor, yaitu untuk menampilkan sebuah halaman atau tampilan dari perangkat yang terhubung, dengan tampilan besar yang menyorot ke permukaan datar.

Nah pada proyektor tersebut, umumnya biasa digunakan untuk sebuah acara baik berupa Meeting, Nobar, ataupun live dan sebagainya, dengan tampilan halaman yang besar.

Tentu sebagian orang sudah mengetahuinya cara kerja proyektor, cara pasang dan lain sebagainya.

Di sini saya akan membagikan sedikit pengetahuan mengenai cara pasang 2 proyektor ke 1 laptop yang bisa disimpulkan menampilkan halaman yang sama dari laptop menuju ke dua monitor proyektor.

Tujuan utama 2 proyektor yaitu untuk membagi tampilan yang sama dalam kerumunan atau sebuah acara yang dihadiri orang banyak, agar semua orang kebagian atau bisa melihat dengan jelas.

Gimana sudah paham tujuan utama proyektor, pastinya sudah paham, langsung aja kita ke tata cara pemasangannya.


Langkah - langkah cara pemasangan 2 proyektor ke 1 laptop memakai kabel jenis HDMI

A. Pertama proyektor dan laptop dipastikan support dengan HDMI atau VGA, tergantung kita mau memakai kabel jenis apa, baik HDMI atau VGA, tentu pada laptop juga harus support dengan HDMI atau VGA.


B. Contoh kita memakai jenis kabel HDMI, perlengkapan yang harus di persiapkan yaitu diantaranya

  • 3 Kabel HDMI
  • 1 Splitter HDMI minimal 1x2 yang artinya mempunyai 1 input dan 2 output

C. Sesudah lengkap perlengkapannya, kemudian nyalakan laptop dan kedua perangkat proyektor tersebut.

Setelah itu, pada port HDMI yang ada di bagian proyektor hubungkan memakai kabel jenis HDMI yang mengarah ke port HDMI output yang ada pada bagian splitter HDMI.

Dan proyektor yang satunya lagi sama seperti diatas hubungkan ke bagian output splitter HDMI dengan memakai jenis kabel HDMI.


D. Sesudah di hubungkan kedua proyektor tersebut dengan splitter HDMI, kemudian dari port HDMI pada laptop hubungkan ke bagian port HDMI input pada splitter HDMI, dengan memakai jenis kabel HDMI.

Sesudah terhubung semuanya, biasanya akan otomatis terkoneksi pada ketiga perangkat tersebut, hingga langsung tampil halaman dari laptop ke proyektor.


E. Jika setelah dihubungkan semuanya, tetapi halaman dari laptop belum tampil - tampil juga ke proyektor, yaitu kita harus mengatur atau menyetting dari ketiga perangkat tersebut, terutama pada laptop.


F. Settingan dari perangkat laptop jika halaman belum tampil ke proyektor, tekan tombol yang berlogo windows + P secara bersamaan, dan disitu akan menampilkan beberapa pilihan, dan pilih duplicate jikan ingin menampilkan halaman yang sama dari laptop.


G. Settingan dari perangkat proyektor, jika halaman dari laptop belum tampil, klik tombol source dan pilih port yang terhubung, contoh HDMI, jika mempunyai 2 port HDMI pada proyektor, pilih salah satunya misal HDMI 1 atau HDMI 2.


H. Jika ingin mengatur rasio gambar, kecerahan dan fokus, bisa di sesuaikan pada settingan perangakat proyektor.



Itulah sedikit pengetahauan mengenai cara pemasangan 2 proyektor ke 1 laptop, semoga membantu dan bermanfaat.




Membagikan ilmu yang bermanfaat melalui tulisan

Hallo saya admin dari @taruh ilmu, dengan adanya @taruhilmu semoga membantu kita untuk mencari sebuah pengetahuan baik mata pelajaran ataupun hal lain lain yang bermanfaat, serta dengan info dan berita menarik lainnya.

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika ada yg mau ditanyakan terkait artikel diatas.

Lebih baru Lebih lama