Cara memasang AC floor standing 3 PK

Cara Lengkap Memasang AC Floor Standing 3 PK





Cara Lengkap Memasang dan Vakum AC Floor Standing 3 PK 



taruhilmu.my.id...Banyak orang yang ingin mengetahui cara pemasangan AC floor Standing, dan banyak juga orang yang bertanya, apakah AC floor Standing pakai Outdoor, juga peralatan apa saja yang diperlukan untuk pasang atau memasang AC Standing floor, bagaimana cara vakum AC, dan bagaimana cara memasang atau meng instalasinya.


Pada isi artikel ini, kita akan bahas satu persatu, mulai dari cara pemasangan hingga pemakuman atau pencopotan pada AC floor standing 3 PK, berikut ringkasan detailnya.


A. Peralatan Untuk Pemasangan AC Floor Standing 3 PK

Apa saja peralatan yang harus disiapkan untuk pemasangan AC floor standing 3 PK, peralatan atau perlengkapan yang harus disediakan yaitu diantaranya.


1. Analizer AC dan Freon R22

Analizer yaitu untuk mengukur tegangan dalam pengisian freon, baik pengisian, maupun pembuangan freon ( Vakum ).

Freon yang bertype R22 yaitu digunakan untuk pengisian isi freon ke kompressor out door AC.


2. Kunci Lengkap

Yang dimaksud dengan kunci lengkap yaitu diantaranya.

- Kunci Inggris 

- Obeng Min dan Plus

- Kunci L Lengkap

- Obeng Tespen atau Listrik

- Tang Potong dan Pisau Cutter


3. Pipa Atau Selang AC

Pipa atau selang AC yang digunakan untuk penyaluran freon dari kompressor out door menuju ke arah in door.



B. Tegangan AC 3 PK dan Tegangan Listrik Yang Harus Disediakan 

Banyak orang bertanya berapa tegangan listrik pada AC 3 PK, dan berapa tegangan listrik yang harus disediakan untuk memakai AC 3 PK.

Pertama yang harus diketahui yaitu, tegangan listrik yang dipastikan harus maksimal, minimal memiliki tegangan lebih dari 5000 watt untuk menggunakan AC 3 PK.

Yang dimaksud dengan 3 PK yaitu memiliki tegangan yang sudah berjalannya membutuhkan 3000 wat untuk pemakaian pada AC 3 PK tersebut, tetapi dalam pas awal nyala bisa lebih dari 3000 watt, bahkan bisa memakan tegangan awal diatas 5000 watt an.



C. Apakah AC Floor Standing Pakai Out door

Orang juga bertanya, apakah AC Floor Standing Pakai Out door, tentunya tidak semua AC Floor Standing pakai Out Door, dan juga bergantung pada tegangan PK dalam AC tersebut.

Sebagai contoh AC Floor Standing yang tidak pakai Out Door, yaitu salah satunya AC Floor Standing 1,5 PK, kenapa tidak pakai out door, karena pada AC floor standing 1,5 PK memiliki kompressor yang ada didalam in door nya, dan bisa diartikan tidak secara terpisah dengan kompressor.

Contoh lain pada AC Floor Standing yang memakai Out Door, yaitu salah satunya AC Floor Standing 3 PK, kenapa pakai out door, karena AC floor standing 3 PK dalam in doornya tidak memiliki kompressor, maka secara tepisah dengan kompressor yang ada di bagian out door.



D. Cara Memasang atau Instalasi AC Floor Standing 3 PK

Pertama, dengan menempatkan atau memposisikan bagian in door didalam ruangan, dan out door di luar ruangan.

Kemudian sambungkan selang atau pipa dari arah out door menuju ke arah in door, dengan menggunakan kunci inggris, dipastikan tidak ada yang bocor.

Sesudah disambungkan selang atau pipa tersebut, kemudian pada in door terdapat 2 kabel yaitu untuk ke bagian out door dan ke bagian listrik, untuk kabel ke bagian listrik biasanya ditandai atau dilengkapi dengan sudah ada colokannya.

Nah untuk kabel dari in door yang menuju arah ke bagian out door kita sambungkan kebagian out door.

Setelah itu kabel dari in door yang mengarah ke listrik kita sambungkan ke bagian listrik atau terminal.

Kemudian pada out door AC terdapat keran yang telah dihubungkan dengan selang atau pipa yang besar dan kecil, yang mengarah ke bagian in door, disitu terlihat ada sebuah yang mirip lubang pada keran besar dan kecil yang ada pada out door AC, kemudian buka lubang keran keduanya dengan menggunakan kunci L yang sesuai.

Cara Memasang atau Instalasi AC Floor Standing 3 PK


Pada lubang atau pentil tersebut yaitu berfungsi untuk membuka atau menutup saluran freon yang mengalir dari bagian kompressor ke bagian in door lewat selang atau pipa yang sudah dihubungkan.



E. Cara Mengisi atau Mengecek Freon pada AC Floor Standing 3 PK

Nah yang terakhir adalah kita pengecekkan isi freon dalam kompressor yang ada pada bagian out door AC 3 PK, dengan menggunakan analizer AC.

Pertama, dipastikan AC dalam keadaan menyala, pada analizer AC terdapat 2 kepala kabel yang berbeda, yaitu ada yang mirip pentil dan ada yang kosong, kabel yang mirip pentil sambungkan ke keran yang ada pada out door AC yang memiiki pipa besar, dan kabel yang kosong menuju ke keran pada tabung freon, dipastikan terlebih dahulu keran freon ke adaan tertutup belum terbuka.

Cara Mengisi atau Mengecek Freon pada AC Floor Standing 3 PK



Bagitupula kabel analizer yang ada pentilnya yaitu menuju ke arah keran pipa besar yang ada pada out door AC.

Cara Mengisi atau Mengecek Freon pada AC Floor Standing 3 PK


Nah untuk memulai pengecekannya, kita bisa lihat pada amper meteran yang ada pada bagian amper analizer, jika ingin mengecek isi freon dalam kompressor out door AC, disamping amper meteran terdapat tombol putaran, kita "tutup" dengan memutar ke arah depan sampai mentok untuk mengecek isi freon, disitu akan menunjukan jarum amper pada angka yang tertera sesuai dengan isi freon yang ada dalam kompressor.

kemudian untuk pengisian freon ke dalam kompressor, hal nya sama seperti pada pengecekkan isi freon dalam kompressor out door, dengan melihat jarum meteran bergerak ke arah kiri, tetapi posisi tombol putaran dalam ke adaan terbuka atau diputar ke arah belakang sampai mentok, dan jangan lupa putaran yang ada pada tabung freon pun sama dalam ke adaan terbuka.

Kemudian jika sudah mengisi freon, dipastikan tombol putaran yang berada di samping amper meteran analizer telah tertutup, dan tombol putaran dalam tabung freon pun kita tutup, tinggal kita melepas selang analizer pada bagian out door dan tabung freon, hingga AC siap digunakan.



F. Cara Vakum AC Floor Standing 

Untuk melepaskan atau membongkar AC Floor Standing yang pakai out door, terlebih dahulu kita vakum dulu pada bagian out door, vakum bisa diartikan yaitu menutup saluran freon dan menghisap isi freon yang masih ada dalam in door dan selang AC, agar freon tidak terbuang.

Resiko jika tidak di vakum, pas melepas pipa atau selang pada bagian out door akan lepas tidak terkendali, hal ini bisa menyebabkan resiko bagi orang yang sedang melepas pipa atau selang AC tersebut, dan freon terbuang secaa sia - sia.

Maka dari itu, betapa pentingnya cara Vakum AC floor standing, nah untuk cara Vakum AC floor standing kita gunakan analizer dan kunci L yang sesuai, pastikan AC masih dalam keadaan menyala.

Pertama sambungkan kabel analizer yang berkepala mirip pentil ke keran pipa yang besar yang ada pada out door AC, setelah itu tutup bagian lubang keran pipa kecil yang ada pada out door AC dengan menggunakan kunci L.

Sesudah itu, pada tombol putaran yang ada di bagian analizer, kita tutup dengan memutar ke arah depan sampai mentok, dan tunggu hingga jarum amper meteran pada analizer turun dampai menunjukan ke angka "0", kemudian tutup lubang pada bagian keran pipa besar sampai mentok, dengan menggunakan kunci L.

Nah sesudah itu, tinggal matiin listriknya, dan kita bisa melepaskan selang atau pipa pada AC floor standing tersebut, tanpa membuang freon.



Gimana teman - teman, kelihatannya sulit dan susah ya, tapi tetep jika kita mau bisa, pastinya dengan mempelajarinya sedikit demi sedikit pasti yakin bisa.

Demikian pembahasan mengenai cara instalasi atau pemasangan AC floor standing 3 PK secara lengkap, semoga membantu dan bermanfaat.

Membagikan ilmu yang bermanfaat melalui tulisan

Hallo saya admin dari @taruh ilmu, dengan adanya @taruhilmu semoga membantu kita untuk mencari sebuah pengetahuan baik mata pelajaran ataupun hal lain lain yang bermanfaat, serta dengan info dan berita menarik lainnya.

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika ada yg mau ditanyakan terkait artikel diatas.

Lebih baru Lebih lama