Memahami teknologi informasi penentu keberhasilan usaha

Memahami 5 Pergerakan Teknologi Informasi Menentukam Keberhasilan Usaha





Memahami 5 Pergerakan Teknologi Informasi Menentukam Keberhasilan Usaha

Pada zaman sekarang ini yang sudah modern, dengan alat teknologi yang serba canggih, kita semua sebagai manusia sangat bergantung dengan informasi, contohnya mulai dari kehidupan lajang hingga kehidupan rumah tangga, mulai dari usaha kecil hingga menjadi usaha besar sekaligus perusahaan, itu semua membutuhkan informasi.

Pada zaman modern ini, banyak peralatan atau alat - alat yang serba canggih untuk dijadikan sebuah atau peran utama dalam pengelolaan data dan mencari informasi, hingga membantu berkembangnya teknologi informasi dalam usaha atau bisnis.

Banyak beberapa contoh di dalam isi artikel ini, pemanfaatan sebuah teknologi dalam informasi, baik untuk perusahaan kecil, sedang, ataupun besar.

Banyak orang bertanya, apa saja pengaruh teknologi informasi dalam usaha atau bisnis, pastinya meningkatkan dan mendorong sebuah usaha, atau perusahaan agar terus berkembang.

Peran teknologi dalam bisnis, atau usaha, ialah mampu mengelola data atau dokumen - dokumen penting dalam jumlah yang besar atau banyak, serta bisa menghasilkan sebuah informasi yang akurat dan cepat, begitupula bisa mencari sebuah informasi yang kita sedang cari.



Pada pergerakan teknologi informasi, terdapat banyak bagiannya, disini saya akan membagikan sedikit pengetahuan mengenai pergerakan teknologi informasi menentukan keberhasilan usaha, 5 bagian yang dapat kita pelajari.

1. Teknologi Informasi

Informasi merupakan hasil pengolahan data yang di sajikan sedemikian rupa, agar memberi arti dan manfaat bagi kita semua.

Maka sangat besar ketergantungan kita semua terhadap informasi yang nyata, dan kualitas informasi nyata harus selalu ditingkatkan. 

Pada teknologi informasi terdapat beberapa faktor yang mengkualitaskan informasi, yaitu diantaranya.

* Keakuratan

* Ketepatan Waktu

* Relevan

* Kemudahan Untuk Mencapainya


Nah maka dari itu, kita semua untuk memenuhi beberapa faktor diatas, kita harus memerlukan peralatan alat bantu contohnya hp, laptop, dan lain sebagainya.

Kenapa memerlukan alat bantu untuk informasi, karena jika hanya mengandalkan kemampuan fisik dan alat bantu seadanya, sulit untuk memperoleh informasi yang akurat, dan relavan.

Contoh salah satu alat bantu yang canggih yaitu seperti komputer / PC dan HP yang kita dapat andalkan untuk mencari dan memproses informasi dengan kecepatan secara maksimal dalam data yang berjumlah banyak atau besar.

Contoh lain jika kita punya perusahaan atau punya toko, maka perlu untuk pengolahan data yang maksimal, di rekomendasikan memerlukan alat bantu yaitu komputer /PC, HP, yang mampu mengolah atau memproses data yang banyak dalam waktu yang singkat.

Komputer atau HP, banyak dimanfaatkan dalam perusahaan - perusahaan kecil, menengah , dan besar, selain dapat mengolah data, sekaligus menghasilkan informasi yang akan digunakan dalam pengambilan keputusan - keputusan penting.

Berbagai perusahan banyak yang berkembang dengan memanfaatkan teknologi komputer sebagai penghasil informasi yang sedang di cari.


2. Inovasi Terus Menerus

Perangkat yang canggih seperti komputer / PC di manfaatkan oleh perusahaan sebagai sarana untuk menghasilkan informasi, maka akan muncul kebutuhan untuk menggunakan teknologi informasi tersebut.

Ialah kebutuhan untuk mendistribusikan informasi kepada pihak - pihak yang membutuhkan, baik di dalam lingkungan perusahaan maupun di luar perusahaan.

Umumnya perusahaan - perusahaan yang kecil atau menengah sekaligus besar, biasanya masih banyak yang mengandalkan kurir dan pos, untuk mendistribusikan informasi dalam lingkungan perusahaan ataupun luar perusahaan.

Jika kita memanfaatkan inovasi terus menerus dari para ahli teknologi informasi, akan tercipta sebuah sistem jaringan yang memungkinkan distribusi informasi didalam perusahaan atau luar perusahaan, dapat ditangani dengan baik dan cepat.


3. Jaringan Hangatkan Usaha / Perusahaan

Informasi merupakan bagian sangat penting dalam usaha atau perusahaan baik kecil, menengah, dan besar, jika aliran informasi berkurang maka usaha / perusahaan kita akan terhambat dengan adanya kekurangan informasi.

Selain itu, timbulah proses pengambilan keputusan hanya didasarkan pada pihak yang bewenang, kepercayaan sebagai pihak usaha atau perusahaan menjadi buruk, karena dalam usaha atau perusahaan berbeda pendapat, karena dalam perusahaan atau usaha contoh karyawannya ada yang sudah menerima informasi, dan sebagiannya lagi belum dapat informasi, dan terjadilah perbedaan pendapat dalam sebuah usaha atau perusahaan.

Maka dari itu, adanya jaringan komputer atau HP, dalam sebuah usaha atau perusahaan sangat lah penting dan guna untuk menjawab perihal tersebut.

Fungsi utama dari jaringan ini, adalah untuk mengintegrasikan data hingga dapat diolah dengan tepat dan cepat oleh perangkat komputer atau HP ke pusat server, sehingga dapat mengalirkan informasi secara lengkap dan cepat ke komputer atau HP karyawan yang di dalam sebuah usaha atau perusahaan.


4. Geliat Dunia Usaha

Pada sebuah bisnis atau perusahaan besar, pastinya mengeluarkan biaya untu investasi hardware dan software, yaitu bertujuan untuk membangun infastruktur aliran informasi, dan biaya yang dikeluarkan amat sangat besar, tentunya pasti menghambat biaya pada bisnis atau perusahaan tersebut.

Jika kita menggunakan atau memanfaatkan sebuah teknologi jaringan komputer, didalam sistem jaringan teknologi tersebut, bisa menyediakan fasilitas untuk melakukan sharing dalam penggunaan hardware dan software, perusahaan bisa berhemat untuk menyediakan infrastruktur aliran informasinya.


5. Tenaga Ahli Jaringan

Pada tenaga ahli jaringan terdapat beberapa bagian yang harus kita gunakan untuk perusahaan atau bisnis kita agar terus meningkat dan berkembang, yaitu diantaranya.

A. Perancangan Jaringan

Sebelum sistem jaringan di operasikan atau digunakan, maka terlebih dahulu sistem tersebut harus di rancang, mulai dari penempatan peralatan, pola hubungan, jenis peralatan yang akan digunakan.


B. Instalasi Perangkat Jaringan

Membangun instalasi hardware jaringan komputer sesuai dengan rancangan yang telah disesuaikan oleh perusahaan.


C. Instalasi Sistem Operasi

Menginstalasi sistem operasi dan aplikasi jaringan komputer yang tepat, dan baik dari segi prosedurnya maupun sistemnya.


D. Pengoperasian Jaringan Komputer

Operator yang mampu atu menguasai dalam mengoperasikan software sistem operasi dan aplikasi yang berbasis jaringan.


E.Pemeliharaan Jaringan

Khusu yang menekuni masalah pemeliharaan, baik secara software dan hardware.



Nah itulah pembahasan mengenai pemahaman pada pergerakan teknologi informasi yang menentukan keberhasilan usaha, bagi kawan - kawan yang sudah mempunyai bisnis atau usaha, sekaligus perusahaan, bisa di pelajari atai dirangkum isi dari artikel tersebut sesuai dengan kemampuan kita untuk tahap awalnya, semoga membantu dan bermanfaat.

Membagikan ilmu yang bermanfaat melalui tulisan

Hallo saya admin dari @taruh ilmu, dengan adanya @taruhilmu semoga membantu kita untuk mencari sebuah pengetahuan baik mata pelajaran ataupun hal lain lain yang bermanfaat, serta dengan info dan berita menarik lainnya.

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika ada yg mau ditanyakan terkait artikel diatas.

Lebih baru Lebih lama