Menggunakan mixer audio

Cara Menggunakan Mixer Audio Bagi Pemula Pasti Bisa







Cara Menggunakan Mixer Audio Bagi Pemula Pasti Bisa


taruhilmu.my.id...Mixer Audio, pasti semuanya sudah tahu dan tak asing lagi dengan yang namanya mixer audio, yang berfungsi sebagai tone control sound system, baik berupa musik, alat musik, dan vokal.

Pada Mixer Audio terdapat atau memiliki beda - beda type begitu pun chanel, contohnya ada yang memiliki 10 chanel, 14, 16, dan lain sebagainya.


Kita kasih contoh, misalnya pada Mixer Audio YAMAHA MG16XU, pada Mixer Audio tersebut memiliki 16 chanel yang mampu sekaligus menyambungkan dan me nyetting 16 chanel baik berupa alat musik, suara musik, dan vokal.

Begitupun ada yang sama type yaitu Mixer YAMAHA MG10XU, yang artinya memiliki 10 chanel.


Cara Menggunakan Mixer Audio Bagi Pemula Pasti Bisa



Bagi yang kebingungan atau belum tahu sama sekali bagaimana cara mengoperasikan atau menggunakan Mixer Audio Sound System.

Kebetulan sekali disini kita akan membagikan sedikit ilmu pengetahuan mengenai cara mengoperasi kan atau menggunakan Mixer Audio tentunya bagi pemula pasti bisa.

Disini kita kasih contoh dengan menggunakan atau mengoperasikan pada Mixer Audio YAMAHA MG16XU yang memiliki 16 Chanel.



Mulai dari instalasi sound, alat musik, dan vokal, hingga menyetting atu mengontrol nya, simak detailnya sebagai berikut ini dibawah.

A. Instalasi atau Menghubungkan Sound System Ke Mixer Audio

Cara instalasi atau menghubungkan Sound System yang menuju arah ke Mixer Audio yamaha MG16XU, kita gunakan dengan cabel jenis Canon.

Sebagai contoh sound system nya kita menggunakan Huper yang 500 watt, sebelum menghubungkan kabel penghubungnya yang berjenis canon, terlebih dahulu kita lihat di belakang Huper atau Sound tersebut, terdapat beberapa port jalur, yaitu input dan output.

Nah kita pilih dari bagian sound yang bertuliskan "INPUT" atau "LINE INPUT" sebagi contoh gambarannya seperti di bawah ini.


Instalasi atau Menghubungkan Sound System Ke Mixer Audio


Kemudian pada bagian Mixer Audio yang akan mengarah ke Sound System, kita cari jalur chanel yang bertuliskan "R" dan "L".

Fungsi dari port "R" dan "L" pada Mixer Audio yaitu untuk menghubungkan ke bagian Sound System, kedua port tersebut memiliki fungsi yang sama.

Nah untuk menghubungkannya dari Sound Sytem ke Mixee Audio, kita gunakan kabel jenis Canon tadi, jadi kesimpulannya dari Huper atau Sound System ambil port INPUT atau LINE INPUT, dan sambungkan ke Chanel R atau L pada bagian Mixer Audio, sebagai contoh gambarannya seperti berikut ini.


Instalasi atau Menghubungkan Sound System Ke Mixer Audio





B. Menghubungkan Mic Kabel dan Mic Wireless ke Mixer Audio

- Mic Kabel

Pertama pada Mic Kabel, terdapat dua jenis port yaitu jenis jack dan canon tergantung pada jenis mic kabelnya, contoh kita menghubungkan Mic Kabel dengan menggunakan kabel jenis canon.

Untuk menghubungkan Mic Kabel ke Mixer Audio dengan kabel jenis canon, kita gunakan Mic Kabel yang memiliki port jenis canon.


Menghubungkan Mic Kabel dan Mic Wireless ke Mixer Audio


Nah, kita bisa lihat pada gambar diatas Mic Kabel yang menggunakan kabel jenis canon.


Kemudian untuk menghubungkannya ke Mixer Audio, kita bisa pilih salah satunya dari beberapa port chanel yang ada di bagian Mixer Audio, dengan menggunakan kabel yang kita pakai yaitu kabel jenis canon, sebagai berikut gambaran lengkapnya.


Menghubungkan Mic Kabel dan Mic Wireless ke Mixer Audio

Begitupun sebaliknya, jika kita memakai kabel jenis Jack untuk menghubungkan Mic Kabel dengan Mixer Audio, tentu sama jalur yang menuju ke arah Mixer Audionya.

Jadi kesimpulannya pada port chanel yang ada di Mixer Audio memiliki 2 fungsi port yang sama jalurnya yaitu jenis Jack dan Canon.


- Mic wireless

Untuk menghubungkan Mic wireless ke Mixer Audio, ada 3 jenis kabel yang kita dapat gunakan, yaitu mulai dari kabel Canon, Canon to Jack, dan Jack to Jack, kita bisa liha contoh salah satu jenis kabel yang dapat kita gunakan misalnya yaitu Jack to Jack, gambarannya seperti berikut ini.


Menghubungkan Mic Kabel dan Mic Wireless ke Mixer Audio


Sebelum menghubungkannya, kita lihat terlebih dahulu di bagian Wireless Mic nya terdapat beberapa port atau konektor jenis Canon dan Jack.

Jika kita menggunakan kabel jenis jack to jack sebagai penghubung dari Wireless Mic dengan Mixer Audio, kita gunakan port jenis Aux atau jack yang bertuliskan "MIC OUT" atau "OUT" pada bagian Wirelsess Mic, misalnya kita memakai Mic Wireless merk ASHLEY, kita pilih port jenis Aux atau Jack pada Wireless tersebut, sebagai contoh gambarannya seperti berikut ini.


Menghubungkan Mic Kabel dan Mic Wireless ke Mixer Audio



Kemudian dari Wireless hubungkan ke port chanel pada Mixer Audio, hal dan prosesnya sama seperti cara instalasi Mic kabel dengan Mixer Audio, untuk lebih jelasnya kita bisa lihat gambarannya seperti di bawah ini.


Menghubungkan Mic Kabel dan Mic Wireless ke Mixer Audio





C. Cara Menghubungkan kabel Jack Audio atau Aux untuk Pemutar Musik sumber dari Laptop ataupun Handphone ke Mixer Audio

Untuk menyambungkan kabel Aux atau jack Audio, kita bisa gunakan kabel yang umum yaitu kabel jenis Aux yang memiliki ujung untuk ke Handphone atau Laptop dan ujungnya lagi ke Mixer Audio yang berbentuk jack, sebagai contoh gambarannya seperti berikut ini.


Menghubungkan Mic Kabel dan Mic Wireless ke Mixer Audio



Nah untuk menyambungkan ke bagian Mixer Audio nya, kita bisa gunakan salah satunya pada 16 port chanel yang ada di bagian Mixer Audio, sebagai contoh gambarannya seperti berikut ini.


Menghubungkan Mic Kabel dan Mic Wireless ke Mixer Audio





D. Menghubungkan Alat Musik ke Mixer Audio

Untuk menghubungkn alat musik ke bagian Mixer Audio, kita hanya perlu menggunakan kabel janis Jack Audio yang sama kepalanya.

Berikut gambaran dari bentuk kabel jenis Jack Audio yang sudah umum di gunakan untuk menghubungkan Alat Musik dengan Mixer Audio.


Menghubungkan Mic Kabel dan Mic Wireless ke Mixer Audio



Nah, kemudian untuk menghubungkan alat musik misalnya Gitar atau Piano yang akan mengarah ke Mixer Audio.

Pertama lihat pada bagian alat musik yang bisa disambungkan ke Mixer Audio, terdapat port jack yang bertuliskan "OUTPUT" atau "OUT", hal dan prosesnya sama seperti kita menghubungkan Mic Wireless dengan Mixer Audio.





E. Menyalakan Sound System yang sudah terhubung ke Mixer Audio

Misalnya kita sudah menghubungkan Mixer Audio dengan Huper 500 watt, maka kita harus atur tombol yang ada pada bagian Huper atau Sound System tersebut.


Terdapat 4 tombol yang harus kita atur pada bagian belakang Huper yaitu diantaranya.

1. Treble atur dalam posisi setengah.

2. Bass atur dalam posisi setengah.

3. Line Volume atur dalam 3/4.

4. Master Volume atur dalam 3/4.



Kemudian pada bagian Mixer Audio, misal menggunakan Mixer Audio Yamaha MG16XU terdapat kursor di pojok kanan bawah yang bertuliskan "STEREO" naikan kursornya setengah atau bisa disesuaikan sendiri, dan nyalakan tombol "ON" nya.

Jika kita ingin menambah tegangan suara agar lebih keluar, bisa gunakan kursor yang bertuliskan "GROUP" tepatnya di sebelah kursor Stereo, naikan kursornya setengah atau bisa disesuaikan sendiri yang penting sama posisinya dengan kursor Stereo, dan nyalakan tombol "ON" nya.

Nah untuk perangkat lain yang tadi sudah dihubungkan ke Mixer Audio seperti Mic wireless, Mic Kabel ,dan lain sebagainya, kita lihat pada chanel berapa perangkat tersebut di hubungkan ke Mixer Audio.

Kemudian untuk menyalakannya naikan kursor sesuai denagn urutan chanel yang sudah dihubungkan tadi.

Contoh kita menyalakan Mic Wireless pada chanel 3, maka kita harus menaikan kursor yang sejajar kebawah dengan chanel nomor 3, juga tombol "ON" nya dinyalakan.

Begitupun dengan perangkat lain hal dan prosesnya sama harus menaikan kursor dan nyalakan tombol "ON" nya pada Mixer Audio.

Yang di maksud dengan kursor yaitu untuk mengatur Volume, jadi kita bisa sesuaikan sendiri, begitupun untuk mengatur treble, bass, echo, dan lain sebagianya, sama sesuai nomor chanel yang sejajar kebawah, ada yang bertuliskan high, low, midd, dan lain sebagainya, kita bisa atur dengan sesuai keinginan.




Kesimpulannya

Contoh diatas yaitu cara instalasi atau menghubungkan sekaligus mengoperasikan Mixer Audio Yamaha MG16XU bagi pemula pasti bisa.

Nah pada mixer audio yang lain juga atau yang beda type, hal dan prosesnya sama gak beda jauh dengan yang dibahas diatas ini, cuma yang beda hanya posisi pada bagian Mixee Audio, karena beda type pula beda posisi, tinggal kita sesuaikan aja dengan pembahasan diatas.



Itulah sedikit ilmu oengetahuan mengenai cara mengoperasika sekaligus menginstalasi sound system dan perangkat lain dengan Mixer Audio, semoga membantu dan bermanfaat.


Membagikan ilmu yang bermanfaat melalui tulisan

Hallo saya admin dari @taruh ilmu, dengan adanya @taruhilmu semoga membantu kita untuk mencari sebuah pengetahuan baik mata pelajaran ataupun hal lain lain yang bermanfaat, serta dengan info dan berita menarik lainnya.

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika ada yg mau ditanyakan terkait artikel diatas.

Lebih baru Lebih lama